Selasa, Juni 30, 2009

Sepenggal Cerita di Kampung Halaman

klo liburan ke jogja tak melewatkan untuk berkumpul dengan temen2 yang sejak kecil tumbuh bersama di kampung tercinta, kampung badran Yogyakarta. Sebuah kampung di tepi sungai winongo.

nongkrong di pos ronda sembari ngobrol, obrolan panjang lebar dari A sampai Z. memori masa kecil selalu muncul : mulai dari nyuri mangga tetangga, mandi di sungai winongo, mencari ular (sampai dikejar2 petani), memancing di kolam ikan milik orang lain, lari pagi di alun2 dan masih banyak lagi. ingetnya yang jelek2....tapi ada jg cerita ttg membangun dan mengelola masjid, merayakan lebaran, mengorganisasi pengajian, membuat pesta kampung, membantu korban gempa,menyantuni panti asuhan, hingga cerita tentang kampanye (dimana kampung kami pernah dikunjungi bpk. Amien Rais). ada bumbu cerita tentang kursus, sekolah, pekerjaan hingga membikin suatu usaha.

singkat cerita, dari berbagai obrolan ngalor ngidul ada hal menonjol yang aku inget dari obrolan beberapa temen2 "bertahan dan berjuang untuk hidup". Ngamen, jualan roti, jualan susu kedelai dari kantor ke kantor, jualan galon itu sesuatu yg biasa dan ak sendiri pernah berperan sebagai pelaksana :p. Aku salut ma temen2 yg tidak pernah meninggalkan keakraban, gotong royong dan saling membantu satu sama lain.

ak sangat bangga bisa tumbuh di kampung yang penuh dengan semangat untuk selalu mencapai kemajuan dan yg bisa membentuk karakter seseorang.
Baca selengkapnya...