Kamis, Agustus 20, 2009

Biaya pendidikan dan semangat untuk bersekolah

teringat ketika aku sekolah dulu....murah, meriah dan tetep berkualitas. kadang terlintas dalam benakku, aku beruntung bisa sekolah. Alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan studiku. orangtuaku punya prosentase tersendiri ketika menyekolahkan aku.....meski murah saat aku sekolah, tapi aku yakin prosentase biaya pendidikan terhadap penghasilan beliau besar. teringat bagaimana mereka membanting tulang untukku dan adik2ku. mereka punya semangat untukku dan kan kujaga semangat itu.

Saat ini biaya sekolah berbeda jauh dengan beberapa tahun yang lalu. wajar, tetapi tetep bersyukur yang masih bisa melanjutkan sekolah. Biaya pendidikan naik, semangat bersekolah harus ikut naik dan harus berlipat-lipat naiknya. kenaikan semangat bersekolah harus jauh lebih besar dibandingkan dengan naiknya pendidikan. tetap optimis dan selalu menatap kedepan, tanpa mengeluh tapi harus dibarengi usaha dan doa.

ada kemauan pastilah ada jalan. tak dipungkiri dan semua orang sepakat jika pendidikan saat ini jauh lebih mahal. semoga kualitas pendidikan di Indonesia juga semakin meningkat. memang suatu perubahan butuh pengorbanan, kita ingin maju maka harus berubah. biaya pendidikan melambung hanyalah efek dan di jaman sekarang ini sangatlah wajar. apa kita harus mengeluh terus ??

Tak perlu mengeluh tapi harus keluar peluh, meski terkadang orang tua harus bernafas dalam-dalam dan mengencangkan ikat pinggang. berapa banyak orang tua yang selalu pusing ketika anaknya mau masuk ke jenjang pendidikan yang llebih tinggi ?? meski tanpa penelitian yang pasti tetapi aku yakin jawabannya adalah banyak. kita harus tetep semangat untuk meraih hari depan yang lebih baik dengan bekerja keras. bekerja keras itu sangat baik dan bekerja cerdas itu lebih baik. marilah kita bekerja KERAS secara CERDAS, daripada energi kita buang untuk berkeluh kesah - alangkah baiknya jika energi itu kita gunakan untuk sesuatu yang produktif.

Terkadang kita tidak ada pilihan ?? saya yakin semua pernah mengalami saat-saat tak ada pilihan. Mari kita rentangkan lebar-lebar, semua pernah berada di situasi sulit bukan ?? yang membedakan adalah bagaimana cara kita mengatasi hal sulit tersebut.

pendidikan teramat rugi jika kita sepelekan. kita anggap sepele masalah pendidikan dalam beberapa waktu maka ruginya akan lama. saya sebagai seorang yang masih perlu untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, tetep semangat dan merealisasikannya dengan usaha serta doa. juga kepada adik-adikku yang masih bersekolah, dimana mereka memiliki potensi masing-masing. tak terkecuali temen-temen dan keluarga anda semua yang aku yakin memiliki semangat yang jauh lebih tinggi.

ak selalu teringat bunyi lonceng di SD ku dulu 'theng...theng..theng...THINK !!' setiap kali masuk kelas dan berganti pelajaran. saat-saat yang masih fresh untuk selalu berpikir jauh kedepan dan tetap realistis. Alhamdulillah, rasa syukur kepada yang Maha Kuasa kita masih dapat berpikir, berusaha dan berdoa. Semoga kita selalu diberi semangat untuk bersekolah. Maju terus pendidikan Indonesia....



Baca juga yang ini nih



6 komentar:

  1. Pertamaxxxzzzz he he
    Ada kemauan pasti ada jalan. Kata-kata yang menarik. Insya Allah kegigihan akan senantiasa membawa hasil termasuk untuk bersekolah.

    Salam sukses selalu kawan.
    Dan menjelang ramadhan ini saya mohon maaf lahir batin. Salam

    BalasHapus
  2. salam sobat
    memang pendidikan selalu tidak ada matinya,,selama kita masih diberikan umur panjang.

    semoga INDONESIA terus semangat dan maju terus pendidikannya.

    selamat menunaikan ibadah puasa,,maaf lahir dan batin ya..

    BalasHapus
  3. benar, biaya pendidikan sekarang mahal. mudah-mudahan dibarengi dgn mutu pendidikan yg lebih baik, juga harapannya anak2 lebih bersemangat.
    makasih sharingnya.
    mohon maaf lahir batin.

    BalasHapus
  4. heeh saya pengen pendidikan bener bener gratissssssss

    BalasHapus
  5. Emang bener mas pendidikan rasanya berat untuk biaya, dulu saya sekolah bisa nglungsur buku darai kakak, sekarang jangankan nglungsur tiap jenjang harus beli dan bukunya buanyak udah gitu terkadang saya ada rasa jengkel juga kalo liat anak-2 sekolah pada bolos, rasanya pengen nunjek aja

    Sukses selalu mas

    BalasHapus
  6. mas arkasala : setuju ms, meminjam istilah orang2 nih. amiin.
    bunda Nura : oke...bawa ilmu gak berat.amiin
    Narti n jalan wali : iya sob, walau berat tapi semua sudah ada yang mengatur. asalkan kita ada usaha n semoga Alloh meridoi.
    buat semua met puasa ya..mohon maaf lahir dan bathin.

    BalasHapus