Senin, Agustus 24, 2009

Percaya Diri Vs Sombong

Tentu semua orang dah tahu bahwa semua orang itu memiliki kekurangan dan kelebihan. Tetapi tidak semua orang memahami dengan betul kekurangan dan kelebihannya. Permasalahan pertama, terkadang banyak orang jadi mengurung diri karena mereka mengetahui kekurangan mereka. Yang terjadi sekarang ini adalah banyak orang yang merasa jelek sekali ketika mengetahui kekurangannya, jadinya TAHU KEKURANGAN = Kurang Percaya Diri=Minder. Percaya diri-lah !!

Permasalahan kedua tahu kelebihannya tetapi menjadikannya SOMBONG, merasa paling hebat dan merasa tak akan tertandingi . Punya Kelebihan ==> Percaya Diri==>Sombong. Jika kita memiliki kelebihan tertentu kita akan lebih percaya diri. Sesuatu yang berlebihan tak baik bukan?? Makan berlebih aja kita akan kerepotan. Nah jika takaran kita percaya diri itu overload maka hati-hati karena takaran selanjutnya adalah Sombong !

Banyak artikel yang telah menjelaskan bahwa batas antara percaya diri dan sombong itu tipis. Terus..setelah tahu bahwa batas antara percaya diri dan sombong itu tipis, lantas kita berpikir 'lebih baik tidak percaya diri..biasa-biasa saja ah'....saya tidak sepakat, yag terbaik adalah mengetahui batasan-batasan tersebut dan menjadikan batasan itu menjadi berguna. Memang batas antara percaya diri dan sombong itu tipis tapi apakah kita tak boleh percaya diri ?????Mari kita buka lebar-lebar....sekali lagi apa kita tak boleh percaya diri ??? Takut menjadi sombong ??? Batasnya memang tipis, tapi bagaimana jika batas itu sangat tipis tetapi sangat KUAT ???

Percaya diri salah, gak percaya diri salah juga..gimana nih ???? (Hemmm...penuh semangat nih nulisnya) Ingat tipis tapi Kuat........untuk membuat suatu batasan percaya diri dan sombong menjadi kuat adalah denga iman kita. Ketika kita punya iman maka kita akan selalu menghargai orang lain, ketika menghargai orang lain kita berarti menghormati orang lain. Jadi percaya diri tetapi harus menghormati, menghargai orang lain maka kita tak akan terjerumus ke jiwa yang sombong dan angkuh.

Well, termasuk yang nulis nih...tapi penulis sebenernya pengin sharing kok, biar kita sama-sama tidak merugi tetapi makin baik di kemudian hari. Terimakasih temen-temen yang selalu menggalakkan budaya menghargai hasil karya orang lain......



Baca juga yang ini nih



2 komentar:

  1. Percaya diri itu sangat perlu. Kalo disebut sombong itu karena orang menilai. Yang penting niat kita dengan percaya diri tidak dimaksudkan untuk takabur dan sombong. Trims kawan. Telah mengingatkan. Salam

    BalasHapus
  2. trims fren...go percaya diri...!!

    BalasHapus