Jumat, September 11, 2009

Tradisi lebaran

Ramadhan dah memasuki sepertiga akhir. Lebaran sebentar lagi. banyak tradisi yang dilakukan masyarakat dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Lebaran tentunya tak lepas dari yang namanya makanan/ kue.

Ketupat, opor klo di jawa. Lain ladang lain ikannya, lain daerah lain juga budayanya. Banyak budaya di Indonesia dengan berbagai menu masakan masing-masing daerah sehingga hal ini memperkaya Indonesia.

Kurang rasanya lebaran tanpa mudik, budaya ini juga muncul dimana-mana di berbagai daerah. banyak sekali budaya di negeri kita ini. Tradisi bagi-bagi uang untuk anak- anak juga terjadi dimana-mana hingga Bank Indonesia selalu dipenuhi orang yang ingin menukarkan uangnya...apalagi di Indonesia ada uang baru Rp 2000,- an.

mungkin temen-temen ada yang mau nulis tentang budaya/ tradisi lebaran di daerah masing masing....saya akan setia membacanya karna menambah wawasan kita. gudlak


Baca selengkapnya...

2nd award from my friend

Thank you to my friend here. Thanks is better word for this award. I hope we can walk together for better life.

That are my 2nd award :








Baca selengkapnya...

Kamis, September 10, 2009

Foto - Foto ISLAMIC CENTER , The Biggest Mosque In South East Asia

Berikut adalah foto-foto Masjid Islamic Center, Samarinda propinsi Kalimantan Timur...:
Foto diambil pada tanggal 31 Agustus 2009 - 2 September 2009 ....
Semoga masjid ini bisa menjadi tempat aktivitas kaum muslim disana dan menjadi inspirasi di daerah lain di Indonesia. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. kita patut bangga n bersyukur.





Islamic Center 2

Islamic Center 3


Islamic Center 4

Baca selengkapnya...

Selasa, September 08, 2009

Wisata di Kota Samarinda

Kota samarinda, merupakan ibukota propinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Terletak di tepi Sungai Mahakam sehingga sering disebut Kota Tepian. Kota yang terletak dibagian timur pulau Kalimantan, salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kota ini terletak di dekat jalur khatulistiwa, kaya akan sumber daya alam. Khususnya Batubara, Minyak dan Gas Bumi.

Banyak potensi yang terdapat di kota ini, semisal : Sungai Mahakam, Masjid, Keunikan Kota. Jembatan Mahakam yang berdiri kokoh menuju arah pusat kota Samarinda menjadi ikon tersendiri kota Samarinda. Mencerminkan sebuah kota yang menjadikan sarana umum sebagai tempat wisata spesial. Keindahan dari jembatan Mahakam yang panjang menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila kita berada di atas jembatan itu maka akan terlihat pemandangan sungai mahakam yang menarik. Kapal-kapal pengangkut hasil alam yang melintas di Sungai Mahakam memiliki nilai tersendiri. Sungai Mahakam, sebagai pusat wisata Kota Samarinda sungguh kekayaan alam yang tak ternilai harganya.

Masjid di Kota Samarinda memiliki karakter tersendiri yakni luar dan memiliki nilai artistik yang berbeda dengan lainnya. Masjid yang berdiri megah menjadikan Kota Samarinda memiliki akar budaya Islam yang kuat. Bagaimanapun budaya ini merupakan kekayaan kota yang merupakan ibukota propinsi Kalimantan Timur tersebut, kekayaan bangsa ndonesia.

Well, samarinda merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya dan penuh makna.

Baca selengkapnya...

Senin, September 07, 2009

Tips : Agar Tenang saat Naik Pesawat

Keluar juga tulisan ini....
Saya kadang menjadi seorang penakut yang bikin gregetan orang-orang disampingku ketika naik pesawat terbang. Mungkin sebagian dari kita juga merasa dag- dig- dug ketika naik pesawat terbang, apalagi yang memiliki fobia ketinggian.

Sudah takut, fobia ketinggian, pekerjaannya membutuhkan mobilitas tinggi dimana amat perlu fasilitas penerbangan. Pasti stress-nya minta ampun, meski AC-nya dikin tapi tetep aja badan berkeringat. Dari rasa ketakutan itu saya mulai berpikir bagaimana supaya ketakutan ini berubah menjadi sebuah sinyal gembira yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Ada sedikit tips yang mungkin dapat berguna :
1. Berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dengan khusyu' .
Berdoa supaya diberi keselamatan saat bepergian dan diberi ketenangan ketika nai pesawat terbang, tentunya dengan khusyu' .
2. Berdzikir (bagi yang muslim)
Berserah diri kepada Alloh SWT, karena Dia-lah yang Maha Kuasa.
3. Ambil nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan .
Mengatur nafas dengan mengambil nafas dalam-dalam dapat meningkatkan oksigen di dalam tubuh kita. Apabila tubuh dan otak kita memiliki oksigen yang cukup maka kita akan merasa lebih rileks dan mengurangi stress.
4. Bawa pikiran ke suasana santai (baca buku, dengerin musik)
Membaca buku atau mendengarkan musik maka dapat mengalihkan pikiran kita ke suasana lain dan kita merasa sedang melakukan aktifitas/ hobi kita. Seakan kita lupa kalau kita sedang naik pesawat, ini memberi kita tambahan kenyamanan.
5. Menenangkan penumpang lain
Dengan menenangkan penumpang lain, kita dapat meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri kita. Karena secara alami jika kita menyebarkan ketenangan ke orang lain, maka diri kita menjadi lebih tenang dan yakin semua baik-baik saja.

Itu sedikit yang dapat saya tulis......semoga dapat bermanfaat.


Baca selengkapnya...

Obrolan di Kassa

Pada suatu saat ada dua orang sahabat yang pergi ke supermarket. Ketika setelahselesai berbelanja lalu ke kasir dan terjadilah dialog seperti ini :

A : eh, ada yang kurang gak belanjaannya ??
B : enggak, dah cukup kok gak ada yang ketinggalan. (si B sambil mengecek belanjaan mereka)
A : loh, gak jadi beli sapu ??
B ; (bingung ???) emmm emang buat apa ?? Dirumah dah ada kok.
A : sapu khusus buat 'nyapu raimu' (buat menyapu wajahmu). Hehe...:) kena kau
B : (muram n sedikit marah.......wajah bererut.....) sikatnya gak jadi ya ??
A : untuk apa ??
B : nggo nyikat 'cangkemmu' hehe :) 1-1

Obrolan yang banyol sekaligus menghangatkan pikiran dan membuat orang disekitarnya jadi menahan senyum sinis. Hihi...sedikit cerita....

Baca selengkapnya...

Kisah ketapel 2

Keenam anak itu bernama ian, dodo, bejo, rino, sulai, reynold. Beragam namanya...hmmm mereka berasal dari berbagai macam keluarga dan mereka memiliki tinggi yang berbeda-beda. Ian yang paling kecil. Dodo yang paling tinggi dan reynold yang paling ndut. Mereka kumpulan anak kecil yang selalu bekerja sama meski terkadang ada pertengkaran diantara mereka.

Sesampai di Kuburan itu mereka bersama-sama mencari suatu makhluk. Bukan setan tetapi jenis hewan yang bisa terbang yakni burung. Yach...mereka bercanda ria di tengah suasana sepi sunyi....sangat sederhana tujuan merekan ke tempat itu. Mencari kerumunan burung...burung emprit, burung gereja dijadikan sasaran ketapel mereka.

Ketapel...alat sederhana yang terbuat dari kayu berbentuk huruf "Y" yang ujung2nya diberi karet dan potongan kalep. Penggunaan ketapel ini dengan diregangkan kemudian dilepaskan, dimana pelurunya adalah kerikil atau pecahan batu kecil.

Dikuburan itu memang terdapat area luas yang berumput sehingga sering dikunjungi oleh burung pipit. Mereka bergerak perlahan-lahan dengan menunduk, bersembunyi disela-sela rerumputan sehingga tidak terlihat oleh sasaran.

Jepret suara ketapel mulai terdengar.....bersambung

Baca selengkapnya...

Kamis, September 03, 2009

Islamic center, Samarinda



Alhamdulillah, dah kembali ke jakarta lagi. Sehabis jalan-jalan di kota tepian Samarinda. Untuk kedua kalinya aku ke kota yang terletak di Kalimantan Timur itu. Kota yang indah dengan budaya yang sangat kental dengan nuansa Islami. Terdapat masjid yang sangat megah dan terbesar di Asia Tenggara.

Setahun yang lalu, Masjid Islamic Center ini dalam proses pembangunan dan tahun ini sepertinya sudah hampir selesai. Masjidnya indah mencerminkan Islam yang kuat, apalagi aku datang saat Ramadhan sehingga nuansanya bertambah. Islamic center, tujuan dibangunnya Masjid ini tentunya sebagai pusat ibadah di kota Samarinda.

Alhamdulillah, aku diberi kesempatan untuk sampai disana. Kota yang terletak di pinggir sungai Mahakam. Kota yang kaya akan hasil bumi. Bersih dan rapi itu yang terbesit dalam pikiranku ketika aku melewati area masjid Islamic tersebut. Cocok untuk melepaskan penat, refreshing dari rutinitas....membuat segar n bugar pikiran kita.

Sebelum sampai masjid, harus lewat jembatan besar (jembatan Mahakam) jika datang dari Kota Balikpapan. Jembatan besar nan kokoh juga menjadi ciri khas tersendiri Kota Samarinda. Ketika di Masjid Islamic kita dapat melihat pemandangan Sungai Mahakam yang luas, kapal-kapal pengangkut kekayaan bumi hilir mudik setiap harinya. Sungguh suguhan wisata yang indah.

well, asyiknya wisata kali ini....mencintai negeri sendiri.

Baca selengkapnya...

Selasa, September 01, 2009

Ramadhan di Mekkah

Hari sabtu saya ngecek blog lewat HP.....liat ada komentar baru di blog-ku oleh sahabatku disini : Ramadhan di Mekah
Pikiranku langsung larut n terdiam sejenak.........selama ini terkadang aku terlena...dan kubaca beberapa tulisanku yang lain...ternyata banyak yang menceritakan masa lalu. Mungkin tak salah tapi tak boleh terlena.

Aku jadi punya bayangan ... Ramadhan di Mekkah...Insya Alloh. Jika kita mau mencapai suatu tujuan pastilah kita harus memikirkannya terlebih dahulu....tawakal n berdoa. Alhamdulillah, dari komentar temen tersebut aku bisa punya impian......suatu saat Insya Alloh akan Ramadhan di sana... Keinginan timbul semakin kuat. Tapi, yang pertama harus aku perbaiki dulu niatku. Menambah pengetahuanku dan tentunya meyiapkan rencana mengenai biaya dan lain-lain...

Semoga suatu saat dapat kesana...bersama keluarga n seluruh kaum muslim lainnya.. amiin
Baca selengkapnya...