Senin, September 07, 2009

Tips : Agar Tenang saat Naik Pesawat

Keluar juga tulisan ini....
Saya kadang menjadi seorang penakut yang bikin gregetan orang-orang disampingku ketika naik pesawat terbang. Mungkin sebagian dari kita juga merasa dag- dig- dug ketika naik pesawat terbang, apalagi yang memiliki fobia ketinggian.

Sudah takut, fobia ketinggian, pekerjaannya membutuhkan mobilitas tinggi dimana amat perlu fasilitas penerbangan. Pasti stress-nya minta ampun, meski AC-nya dikin tapi tetep aja badan berkeringat. Dari rasa ketakutan itu saya mulai berpikir bagaimana supaya ketakutan ini berubah menjadi sebuah sinyal gembira yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Ada sedikit tips yang mungkin dapat berguna :
1. Berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dengan khusyu' .
Berdoa supaya diberi keselamatan saat bepergian dan diberi ketenangan ketika nai pesawat terbang, tentunya dengan khusyu' .
2. Berdzikir (bagi yang muslim)
Berserah diri kepada Alloh SWT, karena Dia-lah yang Maha Kuasa.
3. Ambil nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan .
Mengatur nafas dengan mengambil nafas dalam-dalam dapat meningkatkan oksigen di dalam tubuh kita. Apabila tubuh dan otak kita memiliki oksigen yang cukup maka kita akan merasa lebih rileks dan mengurangi stress.
4. Bawa pikiran ke suasana santai (baca buku, dengerin musik)
Membaca buku atau mendengarkan musik maka dapat mengalihkan pikiran kita ke suasana lain dan kita merasa sedang melakukan aktifitas/ hobi kita. Seakan kita lupa kalau kita sedang naik pesawat, ini memberi kita tambahan kenyamanan.
5. Menenangkan penumpang lain
Dengan menenangkan penumpang lain, kita dapat meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri kita. Karena secara alami jika kita menyebarkan ketenangan ke orang lain, maka diri kita menjadi lebih tenang dan yakin semua baik-baik saja.

Itu sedikit yang dapat saya tulis......semoga dapat bermanfaat.




Baca juga yang ini nih



6 komentar:

  1. bermanfaat sekali
    tambah satu lagi. klo telinga terasa tersumbat, telan ludah aja. insyaAlloh berhasil.

    BalasHapus
  2. Intinya adalah penyerahan diri kepada Sang Maha Kuasa, sob. Kalau memang sudah ajal, jangankan di dalam pesawat, waktu tidur di malam hari pun kita akan berangkat juga toh? :)
    Dengan berdoa, perasaan akan lebih tenang..
    Tapi kalau tidak tertahankan lagi takutnya, lebih baik tidak dipaksakan. Salah-salah bisa terkena penyakit jantung. Masih banyak pilihan transportasi lainnya.

    Selamat jalan-jalan deh.

    BalasHapus
  3. Kebetulan sekali nih postingnya Mas Poer
    Besok sy hrs ke jkt pake pesawat, dihibungkan dengan posting sy terakhir yg belakangan malah bikin saya takut sendiri..Jujur saat ini saya merasa sedikit takut :)
    Saya suka tips yg terakhir, ingat beberapa waktu, dlm perjalanan Jkt-Bpn, cuaca buruk disebelah saya anak muda yg baru pertama naik pesawat & baru pertama ke kalimantan, saya sempat berusaha menenangkan dia yg sangat ketakutan.
    Bismillahi Majreha wamursaha Inna Robbi Laghafurrohim. Amiin.

    BalasHapus
  4. terimakasih saran teman2 semua...semoga kita selalu diberi keselamatan n ketenangan baik ketika naik pesawat ataupun kendaraan lain.amiin.

    mari kita budayakan berdoa..menurut agama n keyakinan kita masing-masing.

    BalasHapus