Rabu, November 25, 2009

bekal kerja

Hari ini mendung, bukan berarti hujan turun khan ??? tapi kita harus siap-siap karena tanda-tanda mau hujan salah satunya adalah langit mendung. sedikit intro untuk catatan kecil di bawah ini. sedikit perlu direnungi bersama ..... yuk bareng2 memulai...

Andai kita sekarang sedang bekerja di sebuah perusahaan, tentu kita harus menyesuaikan segala hal. Mulai dari yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat teknis, hingga hal-hal yang termasuk habbit.

Beberapa hal yang bersifat teknis, dimana sebaiknya kita miliki sehingga kita bisa bekerja dengan baik di sebuah perusahaan :
- Kecerdasan
- Kreativitas
- Ketajaman Intuisi
- Komunikasi yang baik

Kecerdasan ; bisa diartikan cepat mempelajari sesuatu, bisa memberikan solusi jitu dari suatu permasalahan, mampu menganalisa suatu keadaan dan menetapkan tindakan demi tercapainya tujuan suatu pekerjaan.

Kreativitas ; Kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, mencari celah di luar pemikiran umum, Kemampuan untuk menemukan esensi dari suatu hal dan kemampuan memodifikasinya/ membuat sesuatu yang beda.

Ketajaman Intuisi ; Kemampuan untuk melihat visi kedepan yang tajam, dengan kekuatan pikiran n perasaan yang kuat.

Komunikasi yang baik ; Mampu untuk mentransfer ide-ide kita ke orang lain dan dipahami oleh orang lain serta mampu menggerakkan orang-orang lain untuk mencapai tujuan kerja. Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dan punya jiwa sosial yang tinggi.

gudlak....semoga bermanfaat...saya juga sedang belajar ....

Baca selengkapnya...

Kamis, November 19, 2009

Info Segar : Piala Dunia 2010

Hingar bingar pesta sepakbola Afrika Selatan 2010 sudah terasa. Berikut negara-negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 :

EROPA
Denmark, Jerman, Spanyol, Inggris, Serbia Italia, Belanda, Swiss,Slovakia,Portugal, Yunani, Prancis, Slovenia

AFRIKA
Afrika Selatan, Ghana, Pantai Gading,Kamerun, Nigeria, Aljazair

ASIA/OCEANIA
Australia, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Selandia Baru

CONCACAF:
Amerika Serikat, Meksiko, Honduras

AMERIKA SELATAN
Brasil, Paraguay, Cile,Argentina, Uruguay

Baca selengkapnya...

Rabu, November 18, 2009

Ikan kecilku



aku menyebutnya ini ikan mas koki....maklum gak tau nama aslinya (padahal gak usaha nyari tahu....hehehehe). aquarium tak lepas dari rumahku di jogja, dipenuhi ikan seperti ini. ikannya lucu, imut dan bikin gemes klo ngliat meskipun disampingnya ada aquarium yang berisi ikan Arwana yang garang.

hobby, yach yang namanya hobby kemana-mana kepingin melihara yang namanya ikan. unik n menyegarkan pandangan mata. yang seharian lelah karena aktivitas akan kembali segar setelah melihat n mengamati gerak gerik ikan mas koki di aquarium. ikan tersebut hidup secara damai dan berdampingan antara satu dengan yang lainnya. ikan itu bergerak dengan tenang, ditambah gemericik air membikin suasana nyaman. lekukan dan gerakan lembut tubuh ikan mas koki mecerminkan ketentraman.

warna di ikan mas koki dapat menstimulasi otak sehingga kita menjadi lebih fresh. warna yang unik dan menarik dari berbagai jenis ikan ini menghadirkan daya pikat tersendiri.....hmmmm....memang ak suka ikan....bagaimana dengan anda?? mungkin punya hobby yang tak kalah menarik (bagi-bagi dong :p)


Baca selengkapnya...

thinker - planner - doer

Met pagi kawan...
nih mau nulis lagi n menuhin 'airgalonku'.....'air galon' ini tiap hari diminum maka gak penuh-penuh .....:piss...yuk kita mulai.....

thinker
Pemikir, jadi seorang pemikir yang baik maka akan menjadi orang yang sangat berguna dalam kehidupan. Pertanyaannya : ketika kita jadi pemikir apakah kita bisa mengeksekusi ide-ide kita??. Berpikir memang butuh energi yang besar, tapi itulah keistimewaan yang Tuhan berikan kepada kita, so kita harus manfaatkan baik-baik. yuk telaah lebih jauh lagi....

planner
Jika kita bisa merencanakan sesuatu dengan baik, kenapa tidak ??? tak ada salahnya kan bila kita merencanakan segala sesuatu yang akan kita lakukan di waktu mendatang. dalam membuat perencanaan harus benar-benar matang, baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Perencanaan kita sebaiknya mencerminkan diri kita sehingga kita bisa melaksanakan rencana itu dengan baik dan benar. Untuk membikin suatu rencana yang matang maka diperlukan ilmu dan source yang besar, tak terkecuali wawasan yang luas. Kita susun rencana kita sebaik-baiknya tapi tak boleh takabur karena kita juga sudah direncanakan (oleh yang Maha Kuasa).

doer
Nah, jika kita sudah merencanakan sesuatu maka kita harus bisa mengeksekusinya/ melakukannya supaya tujuan hidup kita dapat tercapai. Rencana yang kita bikin bagus dan membutuhkan energi yang besar akan sia-sia tanpa adanya pelaksanaan yang bagus. So, ini harus kita latih dan menjadi kebiasaan sehingga kita betul-betul bertindak untuk lebih baik. Jika kita punya banyak rencana tapi tak pernah dijalankan semua akan sia-sia dan tak ketemu ujungnya. Ada prinsip yang bagus yang dicontohkan oleh salah satu pemimpin nasional kita "satu kata satu perbuatan".

Well...
Kerjasama dengan orang lain amat dibutuhkan karena kita tak bisa hidup sendirian di dunia ini. Jika kita bisa menggabungkan peran kita sebagai 'thinker-planner-doer' di tengah- tengah masyarakat maka kita akan menjadi orang yang berguna bagi sekitarnya. Semua itu butuh ilmu dan butuh latihan......

Good luck !!!
Baca selengkapnya...

baca buku sebelum tidur

kebiasaan yang baik .....
tiap hari ketika mau tidur tak pernah lupa untuk membaca bacaan yang ringan, tidak berat. pikiran menjadi rileks dan bisa sejenak melepaskan beban yang tertumpuk setelah beraktifitas seharian. meredakan ketegangan dengan membaca bacaan yang menghibur sekaligus tambah wawasan.

tak ada salahnya untuk mencoba dan menjadikan kebiasaan, tapi ingat jangan berjam-jam. kira-kira 15-20 menit sebelum tidur sudah cukup. sedikit tetapi rutin itu lebih baik dari pada banyak tapi tidak rutin/kontinyu. kita akan tidur dengan nyenyak dan stammina kita akan kembali esok harinya.

just do it. coba lakukan dan rasakan manfaatnya, yang perlu diingat adalah jenis bacaannya. jenis bacaan yang tergolong ringan misal : majalah, buku cerita, motivasi, dll. andalah yang bisa mengkategorikan n memilih, kira2 buku apa yang cocok.

itu sedikit yg saya tulis....semoga bisa tetep sharing ma temen-temen....
membaca merupakan budaya yang bagus n sangat berguna bagi kita dan orang lain. yuk budayakan membaca .....gudlak !!!
Baca selengkapnya...

Senin, November 16, 2009

Knapa gak sarapan ??

Semua orang telah banyak yang mengerti bahwa sarapan itu penting. Tapi banyak yang mengabaikannya, berbagai penyebab muncul dan harus diatasi. Kita ingat.... Ketika kita bangun tidur, kita tentunya perlu energi untuk melakukan aktifitas. Energi kita dapatkan dari makan dan minum.

Apa yang menyebabkan kita jarang sarapan pagi ?? sedikit kita ulas disini, beberapa penyebabnya antara lain :
- Menganggap terlalu ribet menyiapkannya (padahal banyak pilihan sarapan praktis).
- Takut Terlambat, takut jika terlambat datang ke sekolah/ ke kantor. Solusi : bangun lebih pagi dan menyiapkan lebih dini.
- Masih merasa kenyang. mari biasakan meski hanya minum segelas susu.
- Bosan sarapan... perlu dilatih.
- Mual ketika sarapan pagi...cobalah untuk sarapan buah (apel misalnya).
- Takut tambah gemuk. Solusi : pilih jenis sarapannya.
- Takut kebelet 'ke WC' ketika di kantor.....kan di kantor ada toiletnya, hehe.
- Malas....mulai dengan sedikit demi sedikit n terus berlatih hingga menjadi kebiasaan.

gambaran diatas yang sedikit mungkin bisa bermanfaat untuk di follow up. Kita ketahui masalah kita masing2 sehingga kita bisa mulai mengatasinya.

Gud lak !!
Baca selengkapnya...

Manfaat Bangun Pagi

Tulisan ini dari pengalaman pribadi ....
Dulu, saya klo bangun sering kesiangan. baik saat sekolah hingga jaman kuliah, pernah hampir ketinggalan kereta karena bangun kesiangan. bolos sekolah, itu yang parah....hmmmm....itu sedikit cerita yang telah lewat....

meski cerita tersebut sudah lewat tapi penuh arti yang patut untuk diperbaiki. untuk memperbaiki diri ini harus dimulai dari hal-hal yang paling kecil. Bangun pagi....jadi ingat pepatah 'bangun pagi banyak rejeki', perlu dimaknai secara mendalam.

Alhamdulillah, hingga saat ini saya pribadi selalu berusaha untuk bangun pagi. Banyak manfaat dan perubahan yang perlahan tapi pasti dari bangun pagi.

Beberapa manfaat bangun pagi:
1. Sholat tepat waktu
2. Pikiran lebih tenang dan fokus
3. bisa menikmati mentari pagi, melihat keAgungan-Nya
4. tidak terlambat masuk kantor..
5. Badan Sehat dan Bugar...
6. mudah merencanakan dan mengeksekusi apa yang direncanakan...

itu hanya sekelumit cerita pribadi yang mungkin perlu ditambahi oleh sobat-sobat sekalian. Senang rasanya bisa berbagi cerita dengan para sobat, dan yang lebih penting lagi kedepan masih banyak yang harus diperbaiki dalam diri ini.
gud lak !!
Baca selengkapnya...

Rabu, November 11, 2009

JITU

Jitu.....
Masih ingatkah ketika kita bermain kelereng sewaktu kecil ??? permainan kelereng dengan cara beradu jitu dan ketangkasan dengan lawan bermain kita. Kita memerlukan kecermatan ketika berhadapan dengan lawan bermain kita. Dalam permainan kelereng, biasanya yang lebih jitu akan lebih banyak menang meskipun banyak faktor lain yang mempengaruhi (mental, keberuntungan).

Dari permainan kelereng, kita ingat kembali permainan ketapel. Permainan ketapel juga memerlukan kecermatan untuk mencapai sasaran, ketenangan untuk mencapai sasaran. Kita harus jitu dalam membidik sasaran yang ingin kita tuju. Cermat, cepat dan terarah dalam mencapai sasaran apabila kita ingin disebut sebagai pemain ketapel handal (hampir sama dengan pemanah, penembak.

Dalam hidup kita juga perlu JITU dalam menentukan dan meraih tujuan hidup kita. Tepat dalam menentukan visi kedepan diikuti langkah-langkah yang jitu pula. Ketenangan amat diperlukan dalam menjalani hidup. Jitu dalam memikirkan sesuatu, jitu dalam merencanakan, jitu dalam melaksanakan apa yang telah kita rencanakan. Tak lupa juga sebagai orang yang beriman kita juga harus selalu berdoa.

Jitu, perlu dimaknai secara mendalam. Untuk mendapatkan dan bisa melakukan sesuatu dengan jitu maka kita perlu belajar, analisa yang kuat dan melakukannya dengan penuh konsentrasi. Tak boleh kita berhenti dalam mempelajari sesuatu supaya hidup kita lebih terarah, terencana dan dapat mencapai cita-cita dengan baik.

Tepat dalam menentukan target hidup secara proporsional. proporsional yang dimaksud yakni kita juga harus mengimbangi target/cita-cita dengan kemampuan dan kerja keras. Jika kita melakukan semua faktor dengan jitu maka kita akan lebih dekat dengan sukses.
Baca selengkapnya...

Selasa, November 10, 2009

perhitungan yang matang

perencanaan ketika akan melakukan sesuatu amat diperlukan. perencanaan yang matang, well...tanpa perencanaan yang baik maka apa yang akan kita lakukan berjalan tanpa arah. perencanaan dengan analisa yang tajam mustahil menghasilkan sesuatu yang bagus tanpa diikuti tindakan yang proporsional.

pikirkan
rencanakan
lakukan

yuk....belajar untuk memanajemen segala sesuatu dengan baik ...


Baca selengkapnya...