Jumat, September 11, 2009

Tradisi lebaran

Ramadhan dah memasuki sepertiga akhir. Lebaran sebentar lagi. banyak tradisi yang dilakukan masyarakat dalam menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Lebaran tentunya tak lepas dari yang namanya makanan/ kue.

Ketupat, opor klo di jawa. Lain ladang lain ikannya, lain daerah lain juga budayanya. Banyak budaya di Indonesia dengan berbagai menu masakan masing-masing daerah sehingga hal ini memperkaya Indonesia.

Kurang rasanya lebaran tanpa mudik, budaya ini juga muncul dimana-mana di berbagai daerah. banyak sekali budaya di negeri kita ini. Tradisi bagi-bagi uang untuk anak- anak juga terjadi dimana-mana hingga Bank Indonesia selalu dipenuhi orang yang ingin menukarkan uangnya...apalagi di Indonesia ada uang baru Rp 2000,- an.

mungkin temen-temen ada yang mau nulis tentang budaya/ tradisi lebaran di daerah masing masing....saya akan setia membacanya karna menambah wawasan kita. gudlak




Baca juga yang ini nih



6 komentar:

  1. Aku memang tidak merayakan lebaran, sob. Tapi kalau berkunjung ke rumah saudara yang muslim, yang paling kuingat dari lebaran adalah ketupatnya. Hehehe.. Biasanya kami juga jadi ikut-ikutan masak ketupat pas hari Lebarannya :)

    BalasHapus
  2. walaupun saya bukan orang Jawa
    tapi ada yg paling saya suka dari tradisi lebarannya orang Jawa
    Rengginang....saya suka sekali cemilan yg satu ini...

    BalasHapus
  3. kurang lebih sama sob...di daerahku jg sama..terutama kunjungan ke ortu/sodara tertua...dan juga mudik..

    BalasHapus
  4. Saya pikir ada banyak kesamaannya Pak.
    Bersama ini pula saya pamit Mudik dulu ya.
    Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Taqqobalallahu minna waminkum.
    Mohon maaf lahir batin. Salam untuk keluarga. Tks

    BalasHapus
  5. Wa Taqobbal yaa kariim. terimakasih teman2 semua. selamat merayakan lebaran, mudik, semoga perjlanan ke tujuan lancar n diberi keselamatan. amiin.

    aku rayain lebaran di jogja sobat ...makan ketupat :p

    BalasHapus
  6. minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir bathin :)


    sekalian mau konfirmasi, minta ganti link yang lama warung-bisnis-online.blogspot.com diganti menjadi www.hilmifirdaus.com

    trims
    salam
    hill

    BalasHapus