Rabu, Januari 06, 2010

Skala Prioritas

Tahun baru, semangat baru dan rencana-rencana di 2010 pasti sudah terbesit di pikiran kita. Sudahkan terprogram mana yang lebih dulu harus di nomor satukan ?? emmm biasa kita sebut Skala Prioritas. Yup, skala prioritas, sudahkan temen-temen punya ?? seberapa pentingkah skala prioritas dalam hidup kita ??...yuk kita berpendapat……

Jika kita mengerjakan sesuatu tanpa adanya skala prioritas maka itu berarti kita sama saja tidak punya rencana. Saya yakin semua orang punya rencana, tujuan hidupnya tetapi sudahkah dibuat skala prioritas ?? mana yang harus diselesaikan atau diraih terlebih dahulu. Memang, kita tidak dapat secara mutlak menentukan hasilnya harus seperti ini /itu karena Alloh yang akan menentukan hasilnya. Kita sebagai manusia sudah selayaknya untuk selalu berusaha. Menyusun sebuah rencana dengan target tertentu maka hal itu dapat disebut sebagai susunan skala prioritas. Hal ini sangat penting dan jika kita melalaikannya maka hidup kita bisa berjalan tanpa tujuan yang jelas, serta semangat hidup yang lembek.


(Lanjuuut…..ketik-ketik lagi nich…….)
Kira-kira hal-hal apa yang harus kita prioritaskan?
Sudahah kita memiliki Iman dan Taqwa ?? Iman dan Taqwa (Imtaq) harus kita prioritaskan. Nomor satu yang harus kita bangun dalam hidup ini karena Iman adalah pondasi bagi diri kita. Imtaq merupakan kunci untuk kebahagiaan kita di dunia maupun di akhirat. Bagaimana seandainya kita hidup didunia ini tanpa Iman dan Taqwa kepada Alloh SWT ??? pasti kita tidak memiliki pegangan atau pondasi yang berakibat akan robohnya kehidupan kita. Nah, sudah sepantasnya kita memupuk Imtaq kita sehingga kita menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja. Rajin beribadah kepada Alloh SWT merupakan prioritas yang harus dinomor satukan untuk kehidupan kita. Jadikan momentum di tahun 2010 ini untuk beramal yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

(Yuk masuk prioritas ke yang ke 2……..tak-tik lagi…)
Bagaimana dengan kesehatan ?? ini termasuk vital…..resolusi kesehatan jiwa dan raga amat perlu. Dengan adanya iman yang kokoh (prioritas pertama) maka kesehatan jiwa/ rohani juga akan terjaga. Kesehatan jiwa tentunya harus dibarengi dengan kesehatan raga/ jasmani. Kesehatan jasmani amat penting karena sehat itu merupakan karunia Alloh. Nah……kesehatan ini harus benar-benar kita jaga sehingga kita bisa terus menjaga performa dalam bertindak. Mulai dari ibadah, pola makan harus selalu kita perhatikan sehingga hidup kita bisa seimbang.

….tak tik tuk ke prioritas yang ketiga yuk…..
Kita hidup didunia [katakanlah dalam masyarakat] tak lepas dari kebutuhan untuk berhubungan dengan sesame manusia bukan ??? kita masuk sebagai makhluk sosial yang berarti kita harus berbaik hati dengan orang lain. Bayangkan saja anda hidup sendirian dengan segala apa yang dipunyai, apa yang dipercayai, apa yang dimiliki…..pasti anda akan kesepian….hidup terasa sunyi. (Coba sekarang) Bayangkan anda membenci semua orang, egois dengan sesama, merasa paling berhak, dll……hidup anda akan menderita dengan balutan penyakit hati (iri, dengki, dll). Enakkah hidup seperti itu ??? anda yang membayangkan, anda yang merasakan, andalah yang menentukan. Hehehehe……(tulisannya berbau emosi ya….padahal enggak :p) . pasti yang seperti itu tidak ada manisnya.

Jadi, sebagai makhluk sosial kita harus selalu menghargai orang lain, berhubungan dengan sebaik-baiknya dan menjaga silaturrahmi supaya tetap terjaga. Alangah indahnya kita bisa hidup berdampingan dengan orang lain, bisa bekerja sama dengan orang lain. Memperluas silaturrahmi membuat kita hidup dengan penuh kedamaian.

Mari kita sama-sama membenahi apa yang telah menjadi prioritas dalam hidup kita. menjadikan tahun baru sebagai momentum untuk bangkit.
Good luck ..



Baca juga yang ini nih



0 komentar:

Poskan Komentar