Jumat, Agustus 21, 2009

Meningkatkan kemampuan diri

Langkah pertama yang harus kita lakukan ketika akan atau saat bekerja adalah meningkatkan kemampuan diri. Tingkatkan kemampuan yang sesuai dengan bidang sobat masing-masing. Pertama yang harus dilakukan tentunya adalah niat. Tanpa niat, semua sia-sia dan tidak ada arah ataupun tujuan. Kemampuan sobat akan semakin meningkat tajam dan sobat akan merasakan kegunaannya.


1. Yakinkan niat sobat
Jangan bergerak terlebih dahulu tanpa adanya niat. Kuatkan dan rasakan niat yang ada dalam diri sobat. Bukan tidak ada niat tetapi niat dalam diri anda belum muncul, masih terkubur. Tertutup lumpur di dalam diri sobat. Mulai sekarang coba konsentrasi dan munculkan niat sobat. Setelah mulai muncul, beri energi positif ka arah niat tersebut. Kuatkan dan pertahankan dan sobat dapat melakukan tahap selanjutnya. Niat untuk meningkatkan kemapuan .

2. Tahu tujuannya
Ini sangat penting, tanpa tujuan maka semuanya akan berantakan, tak berarah. Cobalah sobat masuk dalam suatu daerah yang sobat tak punya peta atau petunjuk. Saya jamin, sobat akan kesulitan mencari apa yang anda inginkan.

3. Rencanakan
Rencanakan apa saja yang akan sobat lakukan. Rencanakan sebaik-baiknya, dari awal hingga akhir. Menyangkut hal-hal teknis maupun nonteknis secara garis besar atau detail sesuai dengan kebutuhannya. Ingat lebih baik tertulis.

4. Lakukan apa yang telah direncanakan
Lakukan, tingkatkan rasa penasaran sobat, jaga kontinyuitas (karna itu penting). Jika sobat berhasil meningkatkan rasa penasaran sobat maka sobat akan bisa selalu mempertahankan. Dan sobat berada dalam track yang tepat.

5. Evaluasi
Jangan lupakan sesi evaluasi, evaluasi amat dibutuhkan untuk meningatkan performa dan daya juang. Sense of inovation.

6. Konsisten berdoa
Kita manusia merencanakan dan hasilnya kita serahkan kepada Alloh SWT.

Pengulangan merupakan sesuatu yang akan mengakibatkan efek yang sangat berarti, sangat berguna untuk kedepannya. Jangan menyerah, jangan cepat bosan, jika bosan lakukan relaksasi untuk kemudian kembali lagi . Ingat sedikit tapi berulang tentunya akan menjadi banyak bukan ??



Baca juga yang ini nih



6 komentar:

  1. Artikel yang menarik sobat!

    Akan saya coba praktekan...!

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat sahabat :)
    Saya sangat setuju dengan semua hal diatas...

    Sekiranya bisa saya memberikan pendapat saya... Begini, untuk berhasil dan sukses di pekerjaan, yang paling penting yang harus kita lakukan adalah mencintainya... Dengan kata lain, sebelum kita memilih sebuah pekerjaan, terlebih dahulu kita harus mencari tahu pekerjaan apa yang benar-benar kita cintai.
    Pernahkah kita merasakan cinta terhadap sesuatu? semangat yang luar biasa yang datang entah dari mana ketika mengingat hal yang kita cintai tersebut, dorongan untuk selalu tampil dan melakukan yang terbaik bahkan sesempurna mungkin, selalu mencoba memperbaiki diri, dsb.
    Bayangkan ketika perasaan yang sama muncul terhadap pekerjaan kita... Profesionalisme, karir, semuanya pasti akan segera mengikuti...

    Terima kasih sudah berbagi :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  3. salam sobat

    sip banget tipsnya sobat
    saya paling sreg dan bikin bergetar yang terakhir ke 6,,karena harus konsisten dalam berdoa.
    trims tipsnya ya,,,

    BalasHapus
  4. Anda memang seorang motivator mas...salut untuk Anda..pertahankan dan tingkatkan ya..*sr*

    BalasHapus
  5. Terimakasih semangatnya kawan. dan terimakasih tambahannya, setuju cinta membuat segalanya bertambah ikhlas. dan cinta itu mengalir secara natural.

    mari kita sama-sama mencoba sobat. lebih tepat, lebih baik...

    BalasHapus