Jumat, Juli 10, 2009

Becak



gbr diambil dari www.surauinyiak.wordpress.com

Becak...alat transportasi sederhana tapi penuh makna. jika temen-temen berkunjung ke kota jogja, ditemui dua macam kendaraan tradisional yakni becak dan andong. kali ini akan diceritakan mengenai becak.

'Tak kenal maka tak sayang' itulah ungkapan menarik untuk kita renungi sesaat. Becak merupakan kendaraan tradisional yang masih layak dipertahankan, apalagi di jogja yang merupakan kota pariwisata. Dari jaman sehabis kita merdeka, becak merupakan salah satu kendaraan favorit. Becak merupakan jenis kendaraan roda tiga yang dijalankan dengan tenaga manusia. Tak ada polusi yang disebabkan oleh kendaraan ini. Nyaman ketika kita naik kendaraan umum ini, bisa sambil bersantai menikmati pemandangan kota karena kecepatannya yang relatif lambat. Kita bisa menikmati udara segar di pagi hari ataupun sore hari sambil keliling kota.

Banyak sisi positif yang dapat diperoleh ketika kita naek kendaraan ini. Yang pertama, kita bisa turut andil dalam pelestarian budaya bangsa. yang kedua, kita bisa turut andil dalam mengurangi polusi kendaraan. selanjutnya, kita juga bisa ikut meramaikan/ berbagi rizki dengan para bapak2 supir becak. jaman sekarang, kendaraan ini banyak tergusur oleh kendaraan umum lainnya atau kendaraan pribadi sehingga para supir becak harus berjuang keras dalam mencari penumpang.

yuk ...apabila kita sedang berlibur atau bepergian ke kota yang terdapat becak, tak ada ruginya kita mencoba untuk berkeliling kota dengan naek becak. biasanya supir becak ramah dan bersedia mengantar hingga kita puas. selain bisa refreshing kita juga bisa melestarikan salah satu budaya bangsa.



Baca juga yang ini nih



2 komentar:

  1. Hidup pak becak...

    BalasHapus
  2. semoga keberadaan becak bisa dilestarikan .

    BalasHapus