Kamis, Juli 09, 2009

Wedang Uwuh

Sedikit cerita tentang kegemaranku akan minuman, terutama minuman khas asal daerah. Disaat bersantai, kurang rasanya tanpa dihadiri minuman spesial yang tentunya menyehatkan badan. Sedikit berbagi cerita nih......

Tak asing rasanya apabila kita mendengar salah satu minuman khas yogyakarta 'wedang uwuh'. Namanya saja wedang uwuh, uwuh merupakan bahasa jawa yang dalam bahasa Indoneisia uwuh=sampah, maka jika dilihat sepintas memang minuman ini seperti kumpulan sampah (daun2 kering) yang diseduh. Meskipun tampak seperti uwuh, jangan salah...rasanya wuihh segerr dan notabene mamiliki khasiat untuk menyembuhkan masuk angin. Minuman ini (wedang) disajikan hangat dan memiliki warna merah jambu yang berasal dari salah satu bahannya. Warna merah yang timbul berasal dari kayu manis. Gula yang digunakan biaasanya gula batu- sehingga manisnya bener2 josh n mantap. Tak salah wedang ini memang menghangatkan badan, karena berasal dari bahan rempah-rempah khas. Wedang uwuh banyak dijual di Imogiri-Bantul Yogyakarta, karna disana mudah diperoleh bahan-bahannya, bukan sembarang daun....ak sendiri masih bingung ngapalin jenis2 daunnya.
 
Di jogja ada salah satu penjual mie godhog dengan minuman khas wedang uwuh, harganya Rp 2.500,- satu gelas- sudah lama gak kesana, agak2 lupa tempatnya. Untungnya sekarang sudah banyak yang jual bahan-bahan minuman itu yang sudah di racik untuk satu porsi. Biasanya bahan-bahan ini dijual dipasar-pasar tradisional di jogja. Untuk ngobatin rasa pinginku, klo pas di jogja ak selalu nyempetin beli wedang uwuh yang belum diseduh (Rp. 1.500,-) di pasar kranggan-yk. Simpel, tinggal diseduh aja krn bahan2 sudah lengkap. Biasa ak menikmati minuman ini sambil bersantai untuk melepas penat. Buat temen-teman pas maen ke jogja sempetin tuk nyobain minuman yang berkhasiat tersebut. Gudlak.



Baca juga yang ini nih



5 komentar:

  1. artikel yang bagus, boleh saya ambil untuk dimasukkan di http://jogjatour.asia
    perkenalkan blog anda di http://jogjatour.asia
    terimakasih

    BalasHapus
  2. boleh...boleh...dengan senang hati....silahkan...

    BalasHapus
  3. maaf.. setahu saya yang bikin warna merah bukan kayu puting.. tapi kayu secang, itu info yang aku dapet..
    btw.. memang muantep kok wedan guwuh tuh...!!!

    BalasHapus
  4. wah jadi pengen nyoba nih ,

    BalasHapus
  5. wah harganya relatif murah ya ?

    BalasHapus