Selasa, Juli 07, 2009

Rujak Kangkung

Di jogja ada salah satu warung yang menjual rujak, tapi bukan rujak buah seperti yang sering kita beli atau seperti yang kita buat. Yang ini namannya rujak kangkung. Bahan dasarnya aja kangkung ya namanya rujak kangkung. Kedengaran agak janggal, tapi klo udah ngrasain rasanya....wuih bakal ketagihan. Rasanya enak plus banyak mengandung zat besi yang berguna untuk tubuh. Coba aja, tapi jarang ada penjual rujak kangkung- termasuk dagangan langka. Nah klo yang pingin banget, nih ada sedikit cerita dari penjualnya tentang bagaimana cara membuatnya.

Ini nih bahan-bahannya- cukup simpel ;
1. Bawang putih secukupnya
2. Gula Merah
3. Air asem secukupnya
4. Kangkung yg sudah direbus secukupnya
5. Garam secukupnya
6. Cabe sesuai selera.

Bawang putih, gula merah, garam, cabe, air asem di-ulek dulu pake cobek sampai menyatu. Setelah itu tinggal masukin tuh kangkung secukupnya lalu aduk lagi......dan siap dihidangkan. Enaknya jangan pake piring tapi pake daun pisang. Eh iya....banyak juga lho ibu muda yang 'nyidam' rujak kangkung. Jadi untuk para suami yg istrinya minta rujak kangkung saat hamil, daripada susah cari penjualnya mending buat sendiri- karena orang yang jualan rujak kangkung termasuk langka !!.




Baca juga yang ini nih



3 komentar:

  1. boleh juga nih, makasih resepnya ya, walaupun gak ngidam...hehe...

    BalasHapus
  2. bikin ngiler nih rujak kangkung :(

    BalasHapus