Jumat, Juli 24, 2009

kampungku katanya kampung preman

"Mas berasal dari mana ??" tanya seseorang yang berada di sebelahku (saat ak naek kereta senja jogja menuju Jakarta). lalu ak jawab : " saya dari Badran-Yogyakarta". Orang yang bertanya kaget dan sambil bilang :"wah...kampung preman ya mas, kerja di jakarta?". orang itu lalu terdiam sejenak dan memperhatikan aku dengan seksama. melihat aku yang tampak mirip preman kali.....catatan : yang disebelahku ini seorang perempuan. Aku cuma cool....emang ak cool sih :p

Sedikit penggalan obrolan diatas, membikin aku berusaha untuk menulis sesuatu di blog ini tentang kampung asal-usulku. kampung preman, emang sebagian orang menganggap kampung badran ini adalah kampung yang terkenal sejak dulu disebut sebagai kampung sarang orang-orang sangar dan mengerikan. aku tertawa klo menjawab pertanyaan ini, sering mereka menanyakan hal ini terutama orang yang berasal dari yogyakarta. Nah, disini aku akan memperkenalkan sedikit tentang kampung Badran Yogyakarta.

Anggapan bahwa kampung Badran adalah kampungnya preman, ak berusaha menjawab dengan bijak dan seksama. tujuannya agar di lain waktu n kedepannya menilai bahwa kampung Badran bukanlah sebuah kampung seperti yang mereka bayangkan. gini nih...emang dulu kampung ini terkenal dengan sebutan kampungnya preman tapi sekarang dah berubah pren. Orang2 didalamnya kalem-kelem, memiliki jiwa sosial yang tinggi...seperti aku nih (peace..narsis ni). Sekarang kampung ini bukanlah kampung seperti bayangan temen2 itu, kampung ini kreatif dan inovatif. Banyak kegiatan sosial yang diselenggarakan disini, ada universitas (universitas Janabadra), ada akedemi (Akper Karya Husada), ada kantor2 pemerintah yang selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan di Badran.

Jangan pernah bilang bahwa kampung badran adalah kampung preman jikaa temen2 belum pernah kesana (hehe maksa nih :p). beneran...banyak cerita diluar yang menyesatkan. kampung ini sekarang kreatif, gotong royongnya muncul, kesetiakawanannya yahud...emm mungkin anda akan bilang "Tak ada kecap nomor Dua" tapi itulah kenyataannya...

Semoga aku bisa berbagi cerita lebih banyak tentang kampungku ini....begitu juga dengan kawan-kawan bisa berbagi cerita tentang asal-usulnya. trims telah membacanya....




Baca juga yang ini nih



7 komentar:

  1. Sama-sama....

    Kalau aku ngak tinggal di kampung bro... aku tinggal di perumahan... namanya Sendik BRI.

    di sana enak sekali... udaranya dingin, sejuk dll..

    makasih sob sudah bercerita tentang kampung halaman.... untung-untung buat pengalaman... aku pernah ke Jogjakarta lho...

    Tepatnya ke daerah KaliUrang...

    BalasHapus
  2. kadang orang tau luarnya saja. Setuju Mas perlu ada pencerahan secara bijak ke orang yang kayak gitu. Trims ya. salam

    BalasHapus
  3. kalo gitu..boleh nih ke Badran??jadi penasaran..hehe..**sr**

    BalasHapus
  4. ooo..aku tau nih *sr*...anak -PRAMINA- ya ?? hehe

    BalasHapus
  5. emang tuh kampung preman, tp orgnya baek2 kok. udah pernah kesana.

    BalasHapus
  6. lucu juga ne kampungY, tp kayakY lbbih baik kampungY sampean deh bos

    BalasHapus
  7. sama sama baik fren...hehe

    BalasHapus